Opini Kader : Hari Tanah Sedunia

Sebagian dari kita, mungkin bertanya-tanya, mengapa Hari Tanah Sedunia perlu diperingati? Bukankah tanah adalah suatu hal yang biasa dan selalu ada di sekitar kita? Nah, pertanyaan ini akan dijawab berdasarkan realita berikut.

Hari Tanah Sedunia (World Soil Day) adalah hari yang hadir berlandaskan realita bahwa sepertiga tanah di dunia telah rusak atau terdegradasi. Degradasi tanah (penurunan kualitas tanah) ini muncul akibat deforestasi, erosi, polusi, perubahan iklim dan proses lain yang disebabkan oleh pengelolaan lahan yang tidak bertanggung jawab oleh sang penguasa bumi, manusia.

Hari Tanah Sedunia digagas oleh International Union of Soil Sciences (IUSS) pada tahun 2002 dan diresmikan tanggal 5 Desember tahun 2013, yang mana 5 Desember pada tahun berikutnya, yaitu 2014 sebagai penyelenggaraan untuk pertama kalinya peringatan hari tersebut. Hari Tanah Sedunia ditetapkan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian yang merupakan organisasi di bawah naungan PBB. Dengan banyaknya faktor yang menyebabkan hari ini lahir, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarat dunia bawasaannya tanah sangat penting keberadaannya dan apabila terus dibiarkan, maka kerusakan tanah ini dapat meningkat menjadi lebih parah.

Tanah merupakan sumber kehidupan, sumber berpijak semua hal yang ada di bumi Tuhan Yang Maha Kuasa ini, sumber penghidupan karena dari tanah dapat menumbuhkan berbagai jenis bahan pangan dan serat, dalam tanah juga hadir fosil-fosil sebagai bahan bakar dunia, yang mana tanah ini tempat terkumpulnya atau terakumulasinya minyak dan gas bumi, juga memiliki jasa untuk keberlangsungan ekosistem dan kesejahteraan makhluk hidup, terkhususnya manusia. Selain manfaat di atas, tanah juga tidak luput sebagai penyedia air bersih karena karbon terestrial terbesar disimpan di dalam tanah. Serta, kualitas tanah akan mempengaruhi kualitas kehidupan di muka bumi ini.

(Sumber: Earth Hour Surabaya – WordPress.com)

Dengan segelintir pengaruh dan manfaat tanah bagi keberlangsungan kehidupan di bumi, maka sudah selayaknya kita sebagai manusia harus mengupayakan pelestarian dan peningkatan sumber daya global tanah, salah satunya dengan memperingati Hari Tanah Sedunia ini.

Hari Tanah Sedunia, diperingati setiap 5 Desember setiap tahunnya, namun, harapannya bahwa tidak hanya terbatas pada hari ini saja kita bersama menyelamatkan sumber daya tanah yang besar manfaatnya, namun bisa terus menerus menghargai setiap hari adalah hari tanah karena tanah merupakan kekayaan global sebagai komponen penting dari sistem alam dan juga kontributor untuk kesejahteraan umat manusia.

“Apa yang kamu telah berikan untuk tanah? Ketika tanah sudah memberimu segalanya?”

                                                                                          Ditulis Oleh : Dewi Rahmawati (2020)
                                                                                         Magangers
 Kominfo Himapbio Darmawangsa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)