Opini Kader : Hari HAM Sedunia

Tepat hari ini, 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia se Dunia yang ke-72.

Penetapan hari HAM se Dunia ini diawali dengan diadopsinya deklarasi HAM dalam Majelis Umum PBB dan setelah 2 tahun kemudian, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi 423 (\/) untuk menyampaikan bahwa 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia.

HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak mendasar yang dimiliki manusia sejak ia lahir dan bersifat universal, artinya berlaku bagi semua manusia tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama dan budaya.

Undang-undang mengenai Hak Asasi Manusia ini telah diatur dalam UU Nomor 39 Tahun 1999, yang dimana pada Pasal 3 Ayat (3) dijelaskan secara konkrit bahwa, "Setiap orang berhak atas perlindungan Hak Asasi Manusia dan kebebasan dasar manusia, tanpa diskriminasi".

Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/hak-asasi-manusia/

Serta pada Pasal 5 Ayat (1) pun dijelaskan pula bahwa, "Setiap orang diakui sebagai manusia pribadi yang berhak menuntut dan memperoleh perlakuan serta perlindungan yang sama sesuai dengan martabat kemanusiaannya didepan hukum".

Tema Hari HAM Sedunia pada tahun ini adalah "Recover Better - Stand up for Human Rights" yang dimana tema ini diambil karena melihat kondisi Pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan kemiskinan, ketidaksetaraan, diskriminasi, dan kesenjangan lainnya yang semakin meningkat.

Tujuan dideklarasikannya HAM adalah untuk menetapkan standar hidup seluruh orang di dunia serta kebebasan fundamental yang menjadi hak setiap individu.

Melalui tema Hari HAM tahun ini, diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia dan merupakan kesempatan untuk mengembalikan ingatan manusia tentang betapa pentingnya menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia melalui solidaritas global serta meningkatkan kepedulian antar sesama manusia.

"Setiap manusia dilahirkan merdeka. Setiap manusia memiliki hak asasi yang sama. Setiap manusia berhak hidup dengan aman. Bersama keragaman, memupuk solidaritas, dan menjunjung keadilan, mari memanusiakan manusia dengan tidak membatasi mimpi dan karya mereka"

Selamat Hari Hak Asasi Manusia se Dunia !

                                                                                        
                                                                                          Ditulis Oleh : Ayu Ramayanti (2019)
                                                                                         Staff Dept. Kominfo Himapbio Darmawangsa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)