BIOZINE #2 "EFEK BERPUASA SAMBIL KULIAH"




Ramadan selalu menjadi momen penuh berkah dan kebahagiaan bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan suci ramadhan banyak dibukakan pintu maaf dan dilipatgandakannya pahala bagi kita umat muslim semua. Ada banyak hal yang bisa kita temui hanya di bulan ramadan, mulai dari berbagai cara membangunkan orang untuk sahur hingga tersajinya beberapa takjil gratis di masjid-masjid hingga komunitas yang menyediakan hidangan berbuka puasa untuk saudara sesama muslim.

Ramadan tidak menyurutkan niat orang-orang untuk terus beraktifitas seperti biasa. Ada yang kesawah, ada yang jualan, ada yang ke kantor, ada yang sekolah dan juga ada yang kuliah.

Terkhususnya kampus FKIP Unmul meskipun bulan ramadan, masih melakukan proses belajar mengajar. Adapun beberapa respon dari mahasiswa pendidikan biologi mengenai bagaimana rasanya menjalani puasa, rasanya puasa sambil berkuliah dan kendala atau masalah yang biasa terjadi kalau lagi puasa sambil kuliah.

Desy Amanda kelas B-2022, memberikan komentar "Mix feeling, kayak seneng masih bisa ngerasain puasa tahun ini tapi ada sedihnya juga soalnya puasa pertama gak di rumah gak sama orang tua, tapi ya ada seneng nya juga soalnya masih bisa jalani puasa sama teman-teman yang baik-baik banget. Rasanya berkuliah sambil puasa mantap, capek iya tapi kalau di kampus kan seharian yaa dari pagi sampe sore terus praktikum juga jadi lumayan gak kerasa sih, yang penting gak melihati jam. Kendala atau masalah yang biasa terjadi itu kaya sering gak fokus sih pas kuliah, apalagi kalau malam nya gak tidur karna laprak terus kuliah dari pagi setengah 8 itu kayak bener-bener gak fokus, badan pengen baring di kasur tidur tapi mata telinga harus tetap melihat teman/dosen menjelaskan materi"

Endah Puji Lestari kelas B-2021, memberikan respon "menurut saya lebih terasa tertantangnya, karena puasa tahun ini dilaksanakan lebih banyak menghabiskan waktu sambil kuliah. Apalagi untuk anak rantau yang ngekos dan jauh dari orang tua, suasananya sedikit berbeda. Rasanya puasa sambil kuliah itu lebih terasa lelahnya, lebih terasa juga cepat haus dan lapar, karena mengingat kita banyak menghabiskan waktu di luar sambil belajar dan berinteraksi di kelas, hal tersebut benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Tapi hal itu menjadikan diri lebih terlatih untuk lebih kuat lagi dan menjadi lebih produktif, daripada hanya menghabiskan waktu di rumah untuk tidur. Kendala atau masalah yang biasa terjadi ketika lagi puasa sambil kuliah, yaitu menjadi lebih banyak godaan karena interaksi dengan beberapa orang atau teman terkadang mampu membuat emosi tidak stabil dan menjadi cepat lelah. Bahkan beberapa teman juga saling menggoda dengan makanan, padahal tau temannya sedang berpuasa, ada saja yang bercanda sambil menawarkan makanan wkwk"


Indah Rahmawati kelas A-2022, berkomentar "rasanya pasti beda sih kan baru perdana jauh keluarga dan ramadhan pertama di rantau dari vibes nya selera buka dan sahurnya pasti beda dong, tapi gak nurunin semangat puasa tahun ini, enjoy aja apalagi hari-hari dating dengan laporan makin gak kerasa aja antara sahur dan buka wkwk. Puasa sambil kuliah hmm biasa aja sih, sama aja seperti hari-hari biasa diluar ramadhan, mau dibilang lebih capek gak juga mau dibilang lebih kerasa dalam hal haus lapar juga gak juga, kan udah biasa yak anak kos ikat pinggang ngatur makan bahkan ga makan wkwk. Kendala atau masalah puasa sambil kuliah, lebih ke malas buat siapin bukaan, karena kuliah pulang udah sore banget ya jadi tu kalau mau masak udah capek kalaupun mau beli kaya kadang gak ada selera alhasil tidak makan, nah karena tidak makan dan ngejar deadline tugas yang banyak jadi kaya sering masuk angin wkwk, maklum remaja jompo"

Zakiah Novitiara kelas A-2021 memberikan respon bahwa puasa ditahun ini menurutnya biasa saja. "Rasanya kuliah sambil puasa itu capek apalagi sambil nugas panas panasan, kadang timbul perasaan ingin mokel, dan juga kendala saat puasa sambil kuliah yaitu banyak teman-teman yang gak puasa ngajakin mokel"



KOMINFO ARKATAMA
2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)