Lavender



A.    Klasifikasi
Kingdom        : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom   : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super divisi     : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi              : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas               : Magnoliopsida ( berkeping dua/dikotil )
Sub kelas        : Asteridae
Ordo               : Lamiales
Famili              : Lamiaceae
Genus             : Lavandula
Spesies            : Lavandula angustifolia Mill.

B.  bagian Daun


C.  Morfologi
a.         Bangun Daun (Circumcrriptio): bangun lanset (lanceolatus)
b.        Ujung daun (apex folii): runcing (acutus)
c.         Pangkal daun (basis folii): runcing (acutus)
d.        Susunan tulang-tulang daun (nervatio) : daun bertulang menyirip (penninervis)
e.         Tepi daun (margo folii): rata (integer)
f.         Warna daun: hijau

D.  Morfologi Bunga Lavender
Morfologi bunga lavender ini dapat dilihat berdasarkan ciri – ciri bunga levender diantaranya yaitu :
a.       Akar
Akar tanaman tunggang, berserabut, dengan panjang mencapai 1-2 m bahkan lebih, berwarna putih kotor hingga kecoklatan. Akar bunga ini bermanfaat untuk menyokong tanaman lebih kuat dan membantu menyerap unsur hara atau air dalam tanah.
b.      Batang
Batanga berkayu, berbentuk bulat memanjang dengan diameter 3-4 mm bahkan lebih, panjang batang mencapai 60 – 80 cm dan tumbuh dengan tegak. Batang tanaman ini juga memiliki percabangan banyak yang berguna untuk pertumbuhan daun.
c.       Daun
Daun berbentuk bulat oval, memanjang, pertulangan sejajar, pangakal daun meruncing, bagian tepi mergerigi, memiliki permukaan halus dan lembut berwarna hijau muda hingga tua. Selain itu, bagian bawah daun bunga lavender ini memiliki pertulangan daun yang menonjol berwarna keputihan.
d.      Bunga
Bunga kecil, berwarna keunggu biruan, bunga ini tersusun dari beberapa jumlah kuntum berkisara 6-10 kuntum yang berbentuk spiral. Bunga ini tumbuh dibagian ujung cabang, bunga juga memiliki bulu halus berjumlah banyak dan berwarna keputihan. Bunga ini dapat di perbanyak secara generatif ( menggunakan biji )



E.   Manfaat
Bunga lavender ini tentunnya karena beberapa kandungan zat tertentu didalamnya. Selama ini yang kita ketahui, banga lavender dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Mengapa bisa seperti itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak beberapa kandungan bunga lavender berikut ini :
1.      Linalool Asetat
2.      Monoterpene Hidrokarbon
3.      Camphene
4.      Alokasi Ocimene
5.      Limonene
6.      Geraniol
7.      Lavandulol
8.      Nerol
Bunga lavender yang masih dalam keadaan segar dan mempunyai kualitas bagus dapat diekstrak supaya minyak atsiri didalamnya bisa diambil. Minyak atsiri yang terkandung dalam bunga lavender ini dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan secara tradisional dan tidak ada resiko atau efek samping penggunaan jika pemakaiannya sesuai aturan yang benar.
Beragam produk yang terbuat dari bunga kering dan minyak essensial tumbuhan bunga lavender ini dapat berupa minyak aroma terapi, gel, ekstrak original, infus, lotion atau hand body, campuran teh herbal, tincture bahkan berupa bunga kering secara utuh. Semua produk yang terbuat dari bunga lavender tersebut pasti mempunyai manfaatnya masing-masing. Untuk mengetahui apa saja manfaat bunga lavender, berikut ini ulasannya :
1.      Ampuh Atasi Insomnia
Insomnia merupakan gejala susah tidur yang dapat mengganggu jadwal atau aktivitas anda pada pagi hari bukan? Selama ini penggunaan obat kimia dalam bentuk tablet dianggap ampuh untuk mengatasi insomnia. Namun penggunaan obat kimia secara terus-menerus akan berdampak buruk bagi tubuh anda. Untuk mengatasi hal ini, tentunya anda perlu beralih pada produk bunga lavender yang lebih alami dan aman bagi kesehatan. Bunga lavender mempunyai kandungan zat yang mampu memperlambat aktivitas saraf sehingga, gangguan tidur dapat teratasi karena kualitas istirahat tubuh semakin meningkat.
2.      Mampu Membuat Otot Rileks
Otot tubuh yang tegang dan terasa kaku pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari bukan? Gejala ini juga tidak boleh diremehkan karena dapat mengundang reaksi negatif dari bagian tubuh lainnya. Dengan menghirup aroma terapi bunga lavender dapat membuat otot rileks dan mendatangkan rasa tenang.
3.      Mengasi Iritasi Perut
Beragam kandungan zat yang terdapat pada minyak bunga lavender sangat mujarab dalam menangani keluhan gangguan kesehatan. Disisi lain penggunaan ekstrak bunga lavender ini juga sangat ekonomis dan aman. Penelitian terbaru bahkan membuktikan bahwa pijat menggunakan minyak atsiri lavender dapat mengatasi rasa cemas berlebih pada manusia. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari penggunaan bunga lavender ini yakni untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada bagian perut.
4.      Supaya Mood Lebih Stabil
Ketika manusia memikirkan sesuatu yang berat maka otak adalah bagian utama yang pertama kali merasakan dampaknya. Padahal otak ini nantinya akan mempengaruhi fungsi organ tubuh lain karena otak merupakan sumber kendali alam bawah sadar manusia. untuk menstabilkan mood sangat diperlukan untuk berada pada keadaan tenang. Maka perasaan tenang dapat mengembalikan mood pada keadaan yang lebih stabil.
5.      Ampuh Atasi Kerontokkan Rambut
Pada beberapa kasus, kerontokkan rambut dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satu contoh rontoknya rambut secara berlebihan yakni akibat alopesia areata. Jika di lihat dari segi kesehatan, alopecia areata ini merupakan gangguan autoimun yang berakibat membuat rambut menjadi rontok. Cara mengatasinya yakni dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak bunga lavender secara teratur hingga menunjukan perubahan dengan ditandai pertumbuhan rambut yang terjadi secara lebih signifikan.
6.      Terhindar dari Gigitan Nyamuk
Hal ini tentu sudah sangat sering kita dengar bukan? Penelitian membuktikan aroma bunga lavender yang terkandung dalam lotion anti nyamuk memang mampu menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.
7.      Mengatasi Gangguan Kesehatan
Jika diatas telah dipaparkan manfaat bunga lavender dari segi fungsinya, maka sekarang kita akan membahas khasiat dan manfaatnya secara umum. Pada umumnya, bunga lavender akan diekstrak terlebih dahulu supaya minyak atsiri (esensial) didalamnya dapat diambil. Nah, minyak tersebutlah yang mempunyai beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan.
Berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan bunga lavender :
1.      Alopecia Areata atau Gejala Kerontokan Rambut
2.      Rasa Cemas Berlebih
3.      Depresi
4.      Kelelahan
5.      Stress
6.      Bau mulut
7.      Pengontrol Rasa aNyeri Pasca operasi
8.      Antibakteri
9.      Antivirus
10.  Obat Penenang Ringan
11.  Urat syaraf yang kaku dan tegang
12.  Inveksi Jamur atau Kandidiasis
13.  Jerawat
14.  Nyeri Otot dan Sendi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)