Lumut



LUMUT DAUN

Lumut merupakan kelompok tumbuhan yang telah beradaptasi dengan lingkungan darat. Kelompok tumbuhan ini penyebarannya menggunakan spora dan telah mendiami bumi semenjak kurang lebih 350 juta tahun yang lalu. Pada masa sekarang ini Bryophyta dapat ditemukan disemua habitat kecuali di laut.
Dalam skala evolusi lumut berada diantara ganggang hijau dan tumbuhan berpembuluh (tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji). Persamaan antara ketiga  tumbuhan tersebut adalah ketiganya mempunyai pigmen fotosintesis berupa klorofil A dan B, dan pati sebagai cadangan makanan utama.

A.  Klasifikasi
Kingdom    : Plantae
Divisi          : Bryophyta
Kelas          : Bryopsida
Ordo           : Bryopceales
Famili         : Bryopceae
Genus         : Bryopsida
Spesies        : Bryopsida sp

B. Gambar lumut



 


C.  Morfologi
a.         Pangkal daun (basis folii): meruncing(obtusus)
b.        Tepi daun (margo folii): bertepi rata (integer)
c.         Warna daun: hijau

D.   Ciri-ciri Lumut daun
Lumut memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil baik pada bagian akar, batang dan daun. Lumut ini tidak melekat pada substratnya melainkan pada nagian akar yang melakat pada tempat tumbuhnya.
Bentuk daun lumut daun berupa lembaran yang tersusun spiral, berwarna hijau muda, hijau mudah hingga kecoklatan jika sudah mati atau mengering.  Batang tumbuhan ini melekat langsung dengan daun dan akar sehingga sangat sulit menentukan mana bagian akar, batang dan daun. Batang berwarna hijau muda, hijau tua dan kecoklatan ketika kering/tumbuhan mati. Bagian akar berwarna kecoklatan yang hanya menempel dipermukaan tanah, batang pohon, bebatuan lembab dan sebagainya, akar tersebut berfungsi sebagai penyerap unsur air didalam permukaan tanah.

E.   Manfaat lumut
1.      Mengandung senyawa berguna dalam mengobati penyakit jantung pada tumbuhan lumut Crateneuron filicinum (lumut daun) 
2.      Digunakan untuk obat dalam pertumbuhan rambut pada tumbuhan lumut Fissidens japonicum (lumut daun)
3.      Berguna sebagai obat hepatitis, dan menghilangkan toksin akibat dari gigitan ular pada tumbuhan lumut Marchantia Polymorpha (lumut daun)
4.       Memiliki manfaat yang berguna untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga sebagai obat bius pada tumbuhan lumut Rhodobryum giganteum (lumut daun)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)