BIOZINE #6 SEA TEACHER MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNMUL

 


SEA Teacher merupakan Project atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru dari universitas di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman mengajar atau praktik di negara lain khususnya di kawasan Asia Tenggara. Kegiatan ini diadakan oleh SEAMEO (South Asean Minister Education Organization). Organisasi yang dibentuk oleh seluruh Menteri Pendidikan yang ada dinegara-negara ASEAN.

Kali ini, beberapa teman dari FKIP Universitas Mulawarman khususnya Prodi Pendidikan Biologi ada yang mengikuti program ini, yaitu Lisa, Naomi, dan Mirda.

"Saya mendapatkan informasi program ini dari dosen-dosen. Saya tertariknya itu karna ada kesempatan untuk belajar di negara lain dan bisa tau juga sistem pendidikan di sekolah sana bagaimana jadi harapan saya bisa punya banyak pengalaman terkait belajar mengajar sebelum saya jadi guru. Programnya di agendakan selama satu bulan, terkhusus saya di Pangasinan State University itu berlangsung dari 1 september sampai 30 September. Perasaan saya waktu tau jadi salah satu yg terpilih awalnya takut si karena tau bahwa harus ngajar pakai bahasa inggris, karena kan saya juga ga fluent sekedar bisa conversation biasa dan nanti disana ngajar pakai full bhs inggris, ya jadi takut, cuman disisi lain juga bersyukur dan excited si karena Alhamdulillah bisa mengunjungi negara lain yg mana tu termasuk salah satu mimpi saya juga, yg dipersiapkan tentunya bahasa, jadi selama satu bulan saya lebih fokus lancarkan bahasa inggris, cari tau lebih banyak tentang negara tujuan, dan beberapa barang yang perlu dibawa." Begitu kata Lisa Mulyani.

Naomi juga ikut bersuara, kata dia "Informasi tentang program ini saya dapatkan melalui prodi pendidikan biologi dan juga Internet. Saya tertarik mengikuti kegiatan program SEA Teacher karena dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat untuk  mengajar praktik di negara lain serta mendapat wawasan baru terkait budaya negara lain. Program ini berlangsung selama kurang lebih 1 bulan (22 hari). Perasaan saya sangat senang dan bersemangat dapat mewakili pendidikan biologi dalam program ini. Adapun persiapan yang saya lakukan untuk program seperti kemampuan berbahasa Inggris, perangkat pembelajaran, kemampuan mengajar dan pedagogik."


Dan yang terakhir dari Mirda, "Saya mendapatkan informasi mengenai program Sea Teacher ini dari Kaprodi Pendidikan Biologi dan juga dari beberapa dosen. Saya tertarik mengikuti program ini karena ingin menambah pengalaman serta ingin mengetahui sejauh mana kemampuan saya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan orang luar negeri. Saya juga mau tau apa saja perbedaan sistem mengajar yg diterapkan di Indonesia dan diluar negeri. Selain itu di program ini kan kita fokusnya ga cuma di bidang mengajarnya, kita juga dapat kesempatan utk memperkenalkan culture Indonesia kepada org luar. Program ini berlangsung selama 1 bulan, itu jg menjadi alasan saya karena waktu praktiknya lebih singkat dibandingkan dengan mengikuti KKN-PLP reguler. Perasaan saya sangat senang dan bangga ketika saya tau saya menjadi salah satu mahasiswa yg terpilih di program ini. Adapun persiapan yang sudah saya lakukan yaitu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, mempelajari cara membuat lesson plan secara basic, memahami budaya negara yg dituju, mempersiapkan dokumen-dokumen seperti paspor dan asuransi kesehatan, serta mempersiapkan barang barang yg sekiranya perlu dibawa."

Wah keren sekali ya!! Semoga dilain waktu kita juga bisa ikutan program ini. 


                                            KOMINFO ARKATAMA

                                                    FKIP UNMUL    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)