BIOZINE #5 SUMMER SCHOOL FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN

 

Summer school  merupakan kerja sama antara FKIP dan juga UPTLI, dimana untuk tahun ini summer school bertemakan Borneo Youth Leadership Camp atau BYLC. Kegiatan yang dilakukan berbasis akademik maupun non akademik, yang bertemakan Leadership, yaitu untuk mendorong peserta untuk meningkatkan softskill terutama dibidang leadership. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai negara seperti Brunai, Malaysia, Indonesia, Afghanistan, India, Tanzania dan Thailand. Summer school memiliki beberapa kali kegiatan yang dilaksanakan di FKIP maupun diluar FKIP misalnya melakukan pengenalan pesona wisata Samarinda Kalimantan Timur, keindahan alam dan warisan budayanya. 

Kegiatan berlangsung di FKIP yang pembukaanya diadakan di FKM oleh Pak Rektor yaitu Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si dan dilanjutkan pada siang hari setelah ISOMA di FKIP yang dibuka dengan pengenalan profil fakultas oleh Pak Dekan yaitu Prof. Dr. Susilo, M.Pd. dan disampaikan juga oleh Pak Dr. H. Zulkarnain, M.Si selaku wakil dekan 1.Kegiatan lainnya seperti Pemanfaatan tumbuhan sebagai gantungan kunci yang dapat digunakan sebagai kewirausahaan dibidang biologi, ada kegiatan Stem praktikum oleh prodi fisika, selanjutnya ada pemanfaatan bahan alam sebagai media pembelajaran berbasis Stem yang menggunakan terarium yang diintegrasikan Ar didalamnya, Lalu, ada ecoenzyme sebagai solusi penanganan limbah organik, dan terdapat juga aktivitas lapangan dimana mereka mengunjungi kampung kopi luwak, mengunjungi desa adat Pampang, ke pantai panritalopi dan ke desa tenun.

Beberapa mahasiswa FKIP Pendidikan Biologi juga turut membantu dalam kegiatan ini, "Saya sebagai mahasiswa yang membantu serta menjadi anggota dari salah satu dosen dalam agenda membuat terarium. Saya sangat antusias dan juga senang karena dapat ikut serta dalam membantu memberikan pengalaman yang luar biasa kepada mahasiswa-mahasiswa luar yang ikut dalam pembuatan terarium ini. Jika ada kesempatan untuk ikut kegiatan seperti ini saya mungkin ingin kejepang dikarenakan saya penasaran dengan sistem pembelajaran mereka secara langsung dan juga ingin melihat negara nya."

"Dalam kegitan summer school saya bergabung dalam tim Keychain Resin ditim ini saya dan 2 orang teman saya memperkenalkan dan mengajarkan cara membuat produk gantungan resin menggunakan bunga asli. Saya merasa bangga karena bisa memperkenalkan produk gantungan resin bunga asli yang telah dibuat serta saya dapat melatih kemampuan berbahasa inggris dengan peserta summer school yang lain.Jika ada kesempatan untuk ikut kegiatan seperti ini saya ingin pergi ke negara Jepang karena ingin mengetahui kebudayaan dan kemajuan teknologi dari negara jepang." Begitulah kesan mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap program Summer School kali ini. 

                                                    


                                                                   KOMINFO ARKATAMA

                                                                                    2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)