BIOFACT : Kehebatan si Organ Paru-paru

Sumber : https://tipstren.pojoksatu.id
Paru merupakan bagian dari sistem pernapasan kita yang memiliki fungsi memasok oksigen ke dalam darah dan melepaskan karbondioksida dari darah. Istilah medis untuk paru berasal dari bahasa Latin, pulmonaris, yang berarti "dari paru-paru" atau "dengan pneumo" yang berarti napas. Paru itu lunak, seperti karet busa. Dalam keadaan sehat, paru biasanya berwarna abu-abu merah muda meskipun paru yang sehat bisa saja menjadi hitam akibat partikel karbon dalam udara yang tercemar.

Tiap udara yang manusia hirup dan embuskan kembali, tidak akan berjalan baik tanpa adanya organ yang bernama paru-paru. Umumnya tiap manusia punya dua buah paru-paru (sebelah kanan dan kiri), di mana paru-paru juga menjadi salah satu organ terbesar dalam tubuh. Biasanya, paru-paru sebelah kiri ukurannya sedikit lebih kecil dari yang sebelah kanan. Karena paru-paru sebelah kiri harus berbagi ruang dengan jantung agar bisa memuat pas di dalam rongga dada. Paru-paru dan jantung ditempatkan saling berdekatan bertujuan agar bisa bekerja sama dengan baik, dan dikelilingi oleh tulang rusuk yang melindungi kedua organ penting tersebut.

Sumber : https://www.suara.com

Paru-paru adalah satu-satunya organ yang dapat mengapung di atas air, mengapa demikian? Karena, setiap paru-paru manusia mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang dikenal sebagai alveoli. Alveoli ini menggantikan karbon dioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika alveoli dipenuhi dengan udara, paru-paru dapat mengapung di atas air.

Studi medis yang diteliti oleh International Journal of Legal Medicine pada 2013, menyatakan adanya uji pemeriksaan medis tentang paru-paru sebagai pelampung. Pemeriksaan ini berkaitan dengan tujuan otopsi bayi untuk menentukan apa bayi masih hidup atau sudah meninggal di dalam rahim.

Jika paru-paru bayi mengapung, maka dipastikan bayi di dalam kandungan masih hidup. Tetapi kalau paru-parunya tidak mengapung, kemungkinan bayi lahir dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Metode yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh para dokter dunia, dan biasanya berjalan 98 persen akurat dari waktu ke waktu.

 

 Ditulis Oleh : Tasya Aulia Putri (2018)
Staff Diklit. Himapbio Darmawangsa

Sumber gambar

https://tipstren.pojoksatu.id/baca/jawaban-kenapa-paru-paru-mengapung-jika-diletakkan-air

https://www.suara.com/health/2017/05/24/140440/berapa-lama-bisa-tahan-napas-ini-3-fakta-tentang-paru-paru

 

Sumber materi

https://lifestyle.kompas.com/read/2011/06/09/15511465/kehebatan.si.organ.paru

https://tipstren.pojoksatu.id/baca/jawaban-kenapa-paru-paru-mengapung-jika-diletakkan-air

https://today.line.me/id/article/Berapa+Lama+Kita+Bisa+Menahan+Napas+Simak+3+Fakta+Tentang+Paru+paru+Manusia-2015e869db72f330f4dfde888bafb2d2ccbc9b77f4600c68fb3bd181db0db379 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)