BIOFACT : Ternyata, Tidak Semua Mamalia Melahirkan


Hewan mamalia apa yang bertelur?

Gambar 1. Echidna

    Echidna adalah mamalia kecil yang tubuhnya   ditutupi rambut kasar dan duri. Echidna tetap tidak   berubah sejak zaman prasejarah, menemukan cara   untuk bertahan hidup sementara spesies lain punah.   Tetapi apa yang benar-benar membedakan echidna   dari mamalia lain? Echidna betina bertelur! Mamalia   bertelur disebut monotremes. Hanya ada lima   monotremes di dunia: empat spesies echidna, dan   satu  spesies platipus.




  Ciri-ciri Echidna

1.    Tubuh dan ciri fisik echidna ini memang mirip dengan landak. Tapi ukurannya sekitar 35-76   sentimeter dan beratnya bisa mencapai 10 kilogram.

2.        Kalau bersebelahan, mereka bisa dikira kakak-adik, nih.

3.        Echidna juga punya duri-duri di punggungnya yang dipakai untuk melindungi diri.

4.    Echidna jantan punya taji di kaki belakangnya. Namun fungsinya bukan untuk melindungi diri.  Hewan ini mengelurkan cairan dari taji ini saat musim kawin, sebagai bentuk komunikasi.

5.   Meski memiliki kelenjar mamae, hewan monotrema tidak punya puting susu seperti mamalia lainnya. Susu yang dihasilkan oleh induk echidna dikeluarkan lewat kelenjar di kulit yang ditampung ke sebuah kantung susu.


Gambar 2. Telur Echidna
Gambar 3. Bayi Echidna
 

Bagaimana Echidna mengurus anaknya?

Betina menelurkan satu telur berbulu bercangkang lunak dua puluh dua hari setelah kawin dan meletakkannya langsung dalam kantungnya. Telur akan menetas setelah sepuluh hari; echidna muda, kemudian akan menghisap susu dari pori-pori kedua kelenjar susu (sebab monotremata tidak memiliki puting) dan tetap tinggal di dalam kantung induknya untuk empat puluh lima hingga lima puluh lima hari, selama kurun waktu tersebut, mulai tumbuh duri. Sang ibu menggali lubang untuk merawat anaknya dan meletakkan anaknya di dalam lubang. Sang ibu kembali setiap lima hari untuk menyusui sampai berhenti menyusui pada bulan ketujuh.

  Ditulis Oleh : Sonia Elizaveth Fortuna (2019)

Staff Diklit. Himapbio Darmawangsa

 

Sumber gambar

https://id.wikipedia.org/wiki/Landak_semut

https://www.pinterest.com/pin/831688256166893295/

https://www.pinterest.com/pin/359936195190700059/

 

Sumber materi

https://animals.sandiegozoo.org/animals/echidna

https://id.wikipedia.org/wiki/Landak_semut

https://bobo.grid.id/read/081250797/echidna-termasuk-mamalia-meski-ia-bertelur-kok-bisa-begitu-ya?page=all

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

DAUN KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)