BIOZINE #3 KORPUSKULA 2024


KORPUSKULA "Kompetisi Proposal Kewirausahaan" merupakan salah satu program kerja dari Biro Usaha dan Dana, tahun ini merupakan tahun ke-2 diadakannya program kerja Korpuskula yang melombakan proposal PKM-K.  Tidak hanya melaksanakan perlombaan saja tetapi dari Biro Usaha dan Dana juga melaksanakan pelatihan pembuatan proposal yang dilakukan secara hybrid yaitu offline di Gedung IKA UNMUL dan online melalui zoom meeting. Kepala Biro Usaha dan Dana, Desy Amanda Putri mengatakan “Untuk perlombaan proposal PKM-K sendiri dilakukan secara online yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di Universitas Mulawarman dan mahasiswa dari luar seperti mahasiswa yang berasal dari Surabaya. Dengan diadakannya lomba proposal PKM-K, diharapkan tim mahasiswa berlatih membuat kreatifitas produk usaha yang dibutuhkan masyarakat (pasar). Melalui program PKM-K mahasiswa memiliki kesempatan yang luas untuk meningkatkan kompetensi dalam berkreasi dan berinovasi menciptakan produk baru dan meningkatkan wawasan serta pengalaman dalam berwirausaha”.

Juara 1 dalam perlombaan ini diraih oleh Fitria Wulandari, Suci Febriani, dan Adilla Wahyuni Salsabilllah dari Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan judul Proposal “Roll on Aromateraphy Sleep Care Biji Pala Guna Mengatasi Gangguan Sukar Tidur”. “Kami ucapkan terima kasih banyak telah memberikan kami kesempatan untuk mengajukan proposal PKM Kewirausahaan kami untuk diperlombakan dan mendapatkan juara. Dengan adanya perlombaan ini dapat memberikan kesempatan kepada kami para mahasiswa untuk merancang proposal PKM terkait kewirausahaan, sehingga mampu mengasah kemampuan berpikir dan mengembangkan produk inovasi dalam bidang wirausaha. Selain itu, saya dapat mengikut sertakan kembali proposal PKM saya yang tidak lolos diseleksi dikti sehingga saya dapat mengikuti Kompetisi KORPUSKULA, jadi kompetisi ini sangat bermanfaat bagi saya agar dapat menyebarluaskan ide-ide dari PKM ini dan menambah pengalaman bagi saya, tidak lupa juga benefit yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa”, kata Fitria Wulandari.

Difa Azka Faridah, Anisah, dan Nur Halimah berhasil meraih Juara 2 yang merupakan Mahasiswi dari Universitas Mulawarman dengan judul proposal yaitu “Biskuit Lvita: Inovasi Produk Makanan Pelancar ASI Berbahan Baku Bubuk Daun Katuk, Oatmeal, dan Tepung Singkong untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ibu dan Anak”.

Serta Juara 3 diraih oleh Klaupenia Endrylen Hayon dan Annisa Arta Wuri dari Universitas Mulawarman dengan judul proposal “NEOCELA (Borneo Essence Lip Balm): Pelembab Bibir dengan UV Protection dari Limbah Kulit Buah Jeruk Manis dan Ekstrak Bawang Dayak”. Ketika dimintai tanggapan, ia mengatakan “Korpuskula tahun ini seru, terus bermanfaat banget karena banyak ilmu yang bisa didapat secara gratis. Benefitnya dari lomba ini bisa dapat ilmu dan belajar gimana cara cari inovasi produk dan gimana nyusun proposal PKM”.

Lomba proposal ini dapat menjadi platform yang membuka peluang baru bagi para peserta untuk berbagi gagasan yang inovatif dan solutif dalam berbagai bidang. Harapannya kompetisi ini tidak hanya menghasilkan proposal-proposal yang berkualitas tinggi, tetapi juga membangun jaringan kolaborasi yang kuat di antara para peserta dan pihak-pihak terkait. Dengan demikian, diharapkan hasil dari lomba ini dapat memberikan kontribusi positif yang nyata dalam memecahkan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan lingkungan sekitar.


Kabinet Harsanata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

Rombusa Mini