BIOZINE #2 HARTOSPORA 2024


HARTOSPORA merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pendidikan dan Penelitian (DIKLIT) HIMAPBIO FKIP UNMUL. Hartospora sendiri merupakan kepanjangan dari Harsanata Essay Training and Competition, dimana dalam program kerja ini DIKLIT mengadakan Pelatihan Essay sekaligus Lomba Essay yang diadakan secara nasional. Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya Hartospora. Pelatihan Essay diadakan secara offline di gedung IKA UNMUL dan Lomba essay diadakan secara online dimana pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Zulfa Zakiyyah selaku Kepala Departemen Pendidikan dan Penelitian mengatakan “Alhamdulillah tahun ini peserta lomba essay Hartospora meningkat dari tahun sebelumnya dimana selain dari Kaltim terdapat peserta dari luar daerah Kaltim seperti dari Jakarta, Malang, Makassar, Banten, palangkaraya. Tema yang kami angkat pada lomba Essay Hartospora yaitu “Peran Inspiratif Mahasiswa dalam Mempersiapkan IKN dengan Sikap Profesional serta membangun Generasi Cerdas Untuk terwujudnya Indonesia Emas” dengan sub tema Pendidikan, Lingkungan, Sosial Budaya, Ekonomi dan Teknologi. Melalui kegiatan Hartospora diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas mahasiswa dalam menulis essay ilmiah, serta mahasiswa dapat mengembangkan ide-ide inovatif dan kreatif guna mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur”. Beliau juga menambahkan, “Kesannya mengurus Hartospora ini ya pasti lelah tapi Alhamdulillah setelah dijalanin dengan ikhlas akhirnya selesai dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar walaupun ada kendala tapi masih bisa teratasi, berkat bantuan dari anggota diklit dan bph program kerja hartospora bisa sukses terselenggara selama kurang lebih sebulan. Saya sangat berterima kasih kepada anggota diklit yang membantu saya dalam Hartospora ini tanpa mereka saya tidak akan bisa menyelesaikan acara ini dengan baik”.

Siti Fadilatul Rahmadani dari Universitas Negeri Malang berhasil menjadi Juara 1 pada perlombaan Hartospora ini dengan judul “The Algae Island: Pulau Fotobioreaktor Terapung Berkonsep Multi Hybrid Power Plant dan Fitoremediasi Alami Guna Mendukung Pembangunan Ibu Kota Baru”. Peserta yang satu ini sangat luar biasa karena mampu mengikuti lomba secara individu dan mengalahkan beberapa tim lainnya. “Saya mengucapkan banyak sekali terima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk memberikan terkait dengan adanya perlombaan Hartospora Essay tingkat nasional di tahun 2024 ini. Saya mengikuti perlombaan ini memang karena adanya motivasi dari dalam diri saya. Motivasi saya adalah menjadi seorang penulis yang profesional sehingga bagaimana caranya untuk saya mencapai tujuan tersebut, dengan saya melakukan banyak sekali percobaan dari dalam diri saya itu mendorong saya untuk terus melakukan terus mencoba berbagai perlombaan essay, KTI, ataupun bisnis plan. Kebetulan tema dari Hartospora ini berkaitan dengan bidang saya, saat ini saya mahasiswa Universitas Negeri Malang semester 4 yang menempuh perkuliahan prodi biologi tentang lingkungan. Sehingga bagaimana pemajuan kita, bagaimana inovasi kita sebagai insan visioner terkait? Nah kebetulan saya mengambil tema IKN tentang pemanfaatan alga. Nah jadi dari motivasi tersebut muncul adanya tujuan”. Ia pun menambahkan “Dengan adanya lomba ini memberikan manfaat bagi saya yang pertama tentunya adalah memperbaiki CV saya sebagai konten writer, kemudian yang kedua adalah memberikan banyak pengalaman kepada saya, kemudian tentunya juga relasi seperti saya kenal dengan Kak Zulfa, Kak Indah, dan teman teman-teman yang lainnya, kemudian saya jadi tahu dan  menambah pengetahuan terkait Fakultas keilmuan yang ada di Universitas Mulawarman, kemudian yang ketiga tentunya menguntungkan bagi diri saya yaitu memperbaiki CV sebagai content writer, kemudian yang keempat adalah terkait kita sebagai Agent of Change bagaimana bisa memanfaatkan bagaimana bisa membuat karya yang sekiranya bisa diimplementasikan, dan yang terakhir kita sebagai makhluk sosial pastinya sangat membutuhkan apa yang namanya kemanfaatan dari lomba tersebut. Kesannya pasti sangat memuaskan, mengapa saya katakan seperti itu karena yang pertama selain dari hasil yang telah saya peroleh, proses seleksi dari Hartospora ini juga sangat baik, begitu di mana saya sempat menanyakan terkait pengumpulan di google drive, tapi ternyata sudah dibenarkan karena takutnya ketika kita mengumpulkan dalam google drive dan semua orang bisa melihat, maka karya kita bisa diplagiasi sedangkan, karya saya itu belum saya yakinkan begitu. Jadi orang bisa mengambil karya saya dengan sangat mudah selain itu, sangat baik sekali pertimbangan dari panitia dan proses seleksinya sendiri yang sudah tertera rubrik penilaiannya yang tidak membobotkan peserta manapun”

Adapun peraih Juara 2 pada perlombaan ini yaitu Khofijatuzzahro, Kurniati, dan Nur Leilani Nabilah yang merupakan Mahasiswi dari Universitas Hasanuddin dengan judul essay yaitu “Algatree (Green Infrastructure Innovation Berbasis Mikroalga) dalam Mempersiapkan IKN Menuju Indonesia Emas”

Serta Rizky Adhelia Putri, Adina Annisa, dan Aprilia Annisa berhasil meraih Juara 3 yang merupakan Mahasiswi dari Universitas Mulawarman dengan judul “Pengelolaan Sampah di Ibu Kota Nusantara Sebagai Implementasi Pembangunan Berkelanjutan”. Ketika Rizky dimintai tanggapan, ia menyatakan “Lomba essay yang diadakan sangat bermanfaat untuk mengasah skill kemampuan berpikir kritis dan menulis ilmiah para mahasiswa/i serta dapat pengalaman. Kesan saya untuk perlombaan ini, panitia sangat informatif, tema yang diberikan juga menarik yaitu terkait Ibu Kota Negara”.

Terciptanya lomba essay merupakan wujud nyata dari harapan untuk mendorong para peserta dalam mengeksplorasi potensi kreatif mereka, memperluas wawasan, serta menginspirasi melalui gagasan-gagasan yang mereka ungkapkan dalam tulisan mereka. Dengan adanya lomba essay, diharapkan akan tercipta sebuah platform yang memungkinkan berbagai pemikiran dan ide-ide inovatif untuk tersebar luas, serta memotivasi peserta untuk terus mengasah kemampuan menulis mereka.

 

KOMINFO

KABINET HARSANATA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal olimpiade tingkat SMP sederajat tahun 2014

Soal Olimpade Biologi (OSAGI II) Tingkat SMA sederajat

Rombusa Mini